JOGOROTO – Pekan kedua November 2021 Baznas Kabupaten Jombang kembali menggelar Khitan Cinta 300 Yatim Dhuafa serentak di Kecamatan Peterongan, Jombang, Mojowarno, Kesamben, dan Rumah Sakit Unipdu Medika pada Sabtu (6/11). Dilanjutkan lagi pada Ahad (7/11) di Kecamatan Sumobito, Wonosalam, Bareng, Mojoagung, serta Sumobito. Total ada sekitar 165 peserta yang telah terdaftar per Jumat (5/11).

Pada gelaran di Rumah Sakit Unipdu Medika diikuti sebanyak 24 peserta dengan tenaga medis yang juga sudah disiapkan pula oleh rumah sakit yang baru saja meresmikan Laboratorium PCR dan Serologi Covid-19 ini. Diungkapkan oleh Direktur Rumah Sakit Unipdu Medika, dr. Galih Satrioyo Hutomo sangat senang diajak bekerja sama dengan Baznas Kabupaten Jombang dalam melangsungkan Khitan Cinta bagi masyarakat yatim serta dhuafa di Kota Santri.

Menurutnya, ini merupakan kesempatan emas untuk berbakti kepada masyarakat Jombang pada khususnya. Oleh karena itu, pihaknya selalu siap ketika kedepan diajak kembali menjalankan aksi sosial yang lainnya bersama dengan Baznas Kabupaten Jombang.

Gus Zuem saat menyampaikan sambutannya.

Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahudin pun mengaku senang dengan keterlibatan banyak lembaga dalam Khitan Cinta. Seperti halnya sambutan baik yang diberikan oleh Rumah Sakit Unipdu Medika. Tercatat sudah ada sebanyak 32 lembaga yang berpartisipasi baik dari rumah sakit, Puskesmas, Pusat Kesejahteraan Umat (PKU), apotek, dan pelbagai badan usaha. Baginya tiada mungkin tanpa adanya kerja sama antar banyak pihak seperti ini, Khitan Cinta mampu berhasil dijalankan di seluruh kecamatan di Kabupaten Jombang. Mengingat Baznas Kabupaten Jombang adalah lembaga filantropi yang barang tentu membutuhkan sinergi sebanyak-banyaknya dari beraneka ragam pihak.

“Hingga hari ini keseluruhan peserta yang mengikuti Khitan Cinta sebanyak 336 peserta. Dalam balutan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW semua tergerak melaksanakan dengan penuh semangat. Untuk itu saya menyampaikan banyak sekali terima kasih. Semoga jalan kebaikan ini selalu diberikan kemudahan Allah SWT,” tegas lelaki yang kerap disapa Gus Didin ini ketika memberikan sambutan.

Hadir pula pada kesempatan ini, Ketua Yayasan Unipdu Jombang, Drs. KH. Zaimmudin W. As’ad, MS. Yang turut memberikan apresiasi dan dukungan. Hal ini merupakan meneladani ajaran Nabi Ibrahim AS dan bukti pengorbanan pertama sebagai seorang muslim laki-laki.

Senyum bahagia peserta Khitan Cinta.

KH. Zaimmudin W. As’ad mengisahkan, “Kalau masa Nabi Ibrahim AS pastilah sangat sakit, karena teknologi kesehatan belum semaju sekarang ini. Jadi untuk sampean semua tidak usah takut. Nantinya pun tidak akan terasa sakit saat di khitan. Dapat digunakan sambil mengaji, tahu-tahu sudah selesai saja.”

Salah satu peserta Khitan Cinta di Rumah Sakit Unipdu Medika Jombang, Aditiya mengungkapkan merasa senang. Karena dirinya sudah ingin sejak lama untuk di khitan. Namun baru terlaksana hari ini dan mendapat banyak hadiah dari Baznas Kabupaten Jombang.

Alhamdulillah senang. Bisa memakai baju, songkok, sarung baru, dan dapat uang saku. Untuk tasyakuran di rumah saya belum tahu, apakah nanti ada atau tidak,” terang polos bocah 11 tahun asal Kecamatan Jogoroto ini.

Kembali Bersinergi dalam Zmart

Dikesempatan ini juga Didin A. Sholahudin menjelaskan bahwa di akhir tahun 2021 Baznas Kabupaten Jombang pun akan melaunching Zmart yakni program pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung atau toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban. Pastinya ingin melibatkan banyak pihak terutama dengan Unipdu Jombang dalam pengadaan Sumber Daya Manusianya guna membantu penyusunan bentuk-bentuk pelaporan yang benar dan dapat dipertanggungjawabkan.

Didin A. Sholahudin mengatakan, “Ini adalah yang pertama di Jawa Timur. Semoga bisa lekas terealisasi sehingga dapat membantu mustahik karena harga barang yang ditawarkan lebih terjangkau daripada dipasaran.”

KH. Zaimmudin W. As’ad atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gus Zuem pun menyambut baik program Zmart Baznas Kabupaten Jombang. Bukan tidak mungkin kerja sama lanjutan ini dapat dijalankan dengan baik. Untuk itu terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Baznas Kabupaten Jombang. Semoga aksi menebar kebaikan seperti ini dapat terus di helat bersama-sama. [Divisi Media]

Bagikan ini

Leave a Comment