Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jombang menyalurkan beasiswa untuk 20 mahasantri Ma’had Aly dengan total sebesar Rp 96 juta. Acara penyerahan tersebut berlangsung di Gedung Pusat PPDU (Pondok Pesantren Darul Ulum) Rejoso, Kecamatan Peterongan, Jombang, Senin (24/10/2022).

Beasiswa ini untuk tahun ajaran pendidikan 2022/2023, dengan durasi waktu setahun, Juli 2022 – Juni 2023. Beasiswa Rp 96 juta itu untuk 20 mahasantri. Rinciannya, 10 dari Ma’had Aly Darul Ulum dan 10 dari Ma’had Aly Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang.

Setiap Mahasantri akan memperoleh dana Rp4.800.000 per tahun. Dana tersebut diberikan setiap bulannya sebesar Rp400 ribu. “Nah, untuk hari ini diberikan sebesar Rp1.600.000, untuk bulan Juli – Oktober 2022,” ujar Ketua Baznas Kabupaten Jombang Didin A Sholahudin.

Gus Didin, panggilan akrab Didin A Sholahudin, menjelaskan, pemberian beasiswa ini dalam rangka peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022. Sekaligus sebagai apresiasi atas sumbangsih pondok pesantren dalam dunia pendidikan. “Penyerahan beasiswa ahasantri ini sebagai tindak lanjut dari peluncuran Beasiswa Santri Baznas 2022 angkatan Kedua, yang dilakukan oleh Wakil Presiden RI KH. Ma’ruf Amin bertepatan pada peringatan Hari Santri Nasional, 22 Oktober 2022 kemarin,” lanjutnya.

Gus Didin menambahkan bahwa Beasiswa Mahasantri Ma’had Aly ini sebagai bukti peran serta Baznas Jombang untuk memajukan pendidikan di pondok pesantren, sekaligus untuk meringankan biaya hidup bagi Mahasantri. “Semoga ini memberikan manfaat bagi para penerima, yakni meringankan biaya hidup mahasantri,” ujar Gus Didin.

Selain Gus Didin, penyerahan Beasiswa Mahasantri ini juga dihadiri Majelis Pimpinan PPDU KH Cholil Dahlan dan sejumlah pengasuh. Di antaranya KH. Zaimuddin Wijaya As’ad, KH Hamid Bisri, KH Rohmatul Akbar, serta Mudir Ma’had Aly Mambaul Ma’arif Denanyar Gus Abdul Rosyid. Kmeudian Wakil Ketua Baznas Jombang Ahmad Zainuri serta dan 20 mahasantri penerima beasiswa.

KH Zaimuddin Wijaya As’ad atau Gus Zuem dalam sambutannya mengapresiasi positif atas peran serta Baznas dalam kontribusinya di pendidikan pesantren. Menurutnya, beasiswa tersebut menunjukkan Baznas Jombang mampu mengambil peran penting dan menyinergikan khidmahnya dengan pondok pesantren. “Kami berharap Baznas terus memberi banyak kemanfaatan bagi santri, pesantren, dan umat lebih luas,” katanya berpesan.

Serah terima beasiswa mahasantri ini ditutup dengan doa oleh KH Cholil Dahlan. Kiai yang juga Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jombang ini berharap beasiswa mahasantri mampu menjadi motivasi bagi santri untuk terus belajar dan mengasah ilmunya. “Semoga niat, ikhtiar dan sumbangsih Baznas Jombang senantiasa meperoleh balasan kebaikan dan ridho dari Allah SWT,” urainya sebelum membacakan doa. [suf]

ASMI ULFIYAH FARISTA penerima beasiswa BAZNAS JOMBANG
Bagikan ini

Leave a Comment