JOMBANG – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jombang melaksanakan peresmian salah satu program kerjanya yakni Zmart. Program ini merupakan pemberdayaan ekonomi dalam bentuk pengembangan warung atau toko yang dimiliki mustahik dengan skala mikro sampai kecil untuk mengatasi kemiskinan di wilayah urban.

Peresmian Zmart ini dilaksanakan di gedung Islamic Center Kabupaten Jombang pada Senin (21/2) pagi. Dihadiri langsung oleh Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab; Wakil Ketua III, Baznas Provinsi Jawa Timur, Dr. KH. Muhammad Zakki, M.Si.; serta peserta penerima manfaat program ZMart. Secara simbolis Mundjidah Wahab menyerahkan tandaterima program Zmart kepada mustahik.

Penerima Program Zmart berfoto bersama.

Muhammad Muzakki mengatakan, “Zmart adalah ikthiar dari Kabupaten Jombang adalah satu satunya market di Indonesia yang mencoba mengangkat kalangan mustahik menjadi muzaki. Semoga langkah ini menjadi sebuah terobosan besar. Sesuatu yang mempunyai nilai, terdapat daya dorong yang kuat bagi kemandirian, dan kesejahteraan masyarakat di Kota Santri ini.”

Baznas Kabupaten Jombang sendiri sebagai fasilitator dalam program ZMart ini juga berharap para penerima manfaat dari program ini dapat meningkatkan perekonomian mereka. Sehingga kemandirian dan kesejahteraan hidup lebih meningkat. Selain itu program Zmart ini menunjukkan bahwa kegiatan zakat maupun amal tidak hanya berkaitan dengan sesuatu yang konsumtif saja akan tetapi dapat berupa kegiatan produktif.

Pimpinan Baznas Jombang dan Jawa Timur berfoto bersama pengurus desa setempat.

Muhammad Muzakki serta Ketua Baznas Kabupaten Jombang, Didin A. Sholahudin juga mengunjungi salah satu warung/toko Zmart di Desa Plandi, Kecamatan/Kabupaten Jombang . Pemiliknya ialah Hartini (31) pun merasa senang atas bantuan yang telah diberikan melalui program ZMart ini dan mengucapkan terimakasih banyak.

“Semoga kegiatan Zmart ini akan semakin berkembang dan membantu banyak orang,” ungkap Hartini.

Pada kunjungan ke warung/toko Hartini, Muhammad Muzakki menyampaikan harapannya bahwa program Zmart ini tidak hanya sekedar bergulir tetapi juga sustainebility. Ada keberlangsungan usaha yang tentu termonitor sama sama sehingga bisa menjadi daya dorong dan kekuatan yang besar bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur khususnya di Kabubaten Jombang. Tentunya juga berharap bahwa program Zmart ini dapat ditiru oleh kabupaten/kota yang lain.

Bagikan ini

Leave a Comment